KMD Uji Kemampuan Pelatih Pramuka




Pelatih pramuka dituntut untuk mampun membina anak didik masing-masing Gudep.

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kotawaringin Barat mengadakan Kursus Tingkat Dasar(KMD) dan Pengelola Gugus Depan (PGD). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka membina para pelatih pramuka di Kotawaringin Barat. Kursus yang berlangsung selama tujuh hari dilaksanakan di sanggar Pramuka Pangkalan Bun.

Kursus Mahir Tingkat Dasar dilaksanakan pada 26 hingga 30 desember 2012. Sedangkan untuk Pengelola Gugus Depan pada tanggal 31 Desember 2012 hingga 1 Januari.

Kursus seharusnya diikuti 40 orang. Namun, hanya sekitar 30 orang yang hadir. Mereka adalah perwakilan dari masing-masing gugus depan yang ada di kotawaringin barat. "dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu mengoptimalkan pelatih pramuka yang siap terjun ke lapangan," ujar Iman, selaku panitia kegiatan.

Ia menjelaskan, sebagai pelatih pramuka di tuntut untuk mampu membina anak didik di masing-masing Gudep. Selain itu, rencananya tahun depan pramuka akan dimasukkan dalam kurikulum sekolah. sehingga kelak pembina pramuka akan di panggil Guru Pramuka.

Sebenarnya dua tahun yang lalu, kegiatan serupa pernah dilaksanakan. Namun tidak berkelanjutan karena keterbatasan dana. "diharapkan ke depan bisa dilaksana setiap tahun karena dana berasal dari APBD Kobar,"sambungnya.

Pada kegiatan tersebut, para peserta diberikan materi berupa sejarah kepramukaan, metode kepramukaan, organisasi dan admistrasi gudep, scouting skill, dan masih banyak lagi. salah satu peserta kursus, gusti supian mengungkapkan, selama mengikuti kegiatan banyak hal yang didapat.


(BPC/SMP N 1 Arsel/Afid Brilliana Putra/B-4)
Photo by : BBC/SMK N 2 Pangkalan Bun/Qodli Zaka Kurniawan

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.