Cari Inspirasi? Inilah 6 Tips Temukan Ide Konten Blog yang Populer


Topik memiliki peran penting untuk membuat suatu tulisan itu akan diminati atau tidak. Meskipun artikel yang Anda tulis begitu berkualitas, tidak akan mendapat perhatian jika kontennya tidak populer, bahkan tidak menarik. Tidak mudah memang menemukan ide untuk menulis konten blog dan di sini ada 6 tips menemukan inspirasi bagi Anda.

1. Bergabung ke Situs Komunitas

Topik yang sedang populer tentunya dibicarakan oleh banyak orang. Hal ini bisa Anda ketahui apabila Anda bergabung dengan situs-situs komunitas. Banyak situs komunitas yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat atau tema blog. Misal, blog Anda berbicara tentang otomotif, maka sebaiknya Anda bergabung dengan situs komunitas otomotif, begitu juga dengan minat lainnya.

Dari sekian banyaknya situs komunitas, ada tiga situs yang cukup populer, yaitu Grup FB, Forum, dan Komunitas G+. Dalam situs tersebut, Anda bisa mencari grup yang sesuai dengan minat dan kemudian bergabung dengan grup tersebut. Beberapa topik akan menjadi bahan perbincangan dan mendapatkan banyak respons, baik like atau komentar.

2. Mengunjungi Blog Lain

Tips yang satu ini memang sudah dilakukan oleh banyak blogger untuk mencari inspirasi konten blog yang hendak ditulis. Namun, kebanyakan dari mereka menggunakan cara yang salah sehingga inspirasi konten yang ditulis tetap tidak populer. Cara yang benar adalah mencari blog dengan topik yang Anda inginkan terlebih dahulu. Pastikan jika blog yang Anda pilih benar-benar populer.


Setelah itu, kunjungi situs QuickSprout atau SocialCount, kemudian masukkan alamat blog yang sudah Anda pilih sebelumnya. Dari situs tersebut, Anda akan menemukan konten-konten yang paling populer dari blog yang alamatnya Anda masukkan tadi. Hasil tersebut bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menentukan konten yang hendak ditulis dalam blog.

3. Gunakan Tools Pencari Konten Terpopuler

Sekarang ini, sudah banyak tools yang bisa digunakan untuk mencari konten paling populer sebagai inspirasi dalam membuat konten blog. Ahrefs Content Explorer dan BuzzSumo bisa dijadikan tools pilihan untuk mencari konten terpopuler. Di sini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai konten yang paling banyak di-share sehingga bisa dijadikan ide penulisan konten.

Pertama, masuklah ke salah satu situs tersebut dan kemudian masukkan keyword yang Anda inginkan. Cara ini hampir sama dengan pencarian konten di Google, tapi ada sedikit perbedaan. Biasanya, Google memberikan konten yang hampir mirip dengan keyword, tetapi BuzzSumo memberikan konten yang berbeda satu dengan lainnya.

4. Membaca Buku Terpopuler di Amazon Kindle

Membaca menjadi cara yang ampuh untuk mencari inspirasi. Sayangnya, sudah banyak orang yang malas untuk pergi ke perpustakaan atau toko buku hanya untuk membaca. Namun, Anda bisa mengunjungi toko buku online terbesar, yaitu Amazon. Dari situs ini, Anda akan menemukan banyak buku paling populer dengan beragam topik.

Pertama, masuklah terlebih dahulu di situs Amazon kemudian masukkan topik yang Anda inginkan ke dalam kolom pencarian. Kemudian, akan muncul beberapa buku paling populer mengenai topik tersebut. Untuk membukanya, Anda tidak perlu membeli buku tersebut, meski hanya beberapa halaman awal yang diperlihatkan. Namun, dengan daftar isi dan halaman yang terbuka itu pun seharusnya Anda sudah bisa menemukan inspirasi.
Agar blog Anda aman, kalian bisa menambahkan SSL untuk keamanan

5. Mengakses Reddit dan Quora

Reddit adalah situs komunitas dan Quora adalah situs tanya jawab. Kedua situs ini merupakan situs terbesar pada tiap kategorinya dan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Uniknya, situs Quora ini menerapkan sistem voting pada topik yang disukai oleh banyak orang. Vote yang tinggi menunjukkan bahwa topik tersebut makin populer.

Begitu juga dengan Reddit. Anda bisa mencari kata kunci yang diinginkan pada Reddit kemudian akan muncul berbagai topik yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Di situ, Anda akan menemukan banyak diskusi karena memang komunitas ini lebih besar. Sayangnya, pemerintah telah memblokir situs ini sehingga kita hanya bisa menggunakan Quora.

6. Membuka Kursus Online Terpopuler

Udemy bisa menjadi pilihan untuk mencari inspirasi karena Udemy masuk dalam situs online terbesar di dunia. Di situs ini, Anda akan menemukan kursus-kursus yang populer di bidang teknologi, seperti digital marketing, programming, desain grafis, SEO, fotografi dan lain sebagainya. Meski begitu, Anda bisa mendapatkan topik lain juga, seperti fitness dan kesehatan.

Pertama, kunjungi situs tersebut dan masukkan kata kunci dengan topik yang Anda inginkan. Setelah itu, akan muncul beberapa kursus terpopuler dan pilih salah satu saja. Perhatikan judul, lectures dan rating saat memilih kursus tersebut. Selanjutnya, scroll ke bawah dan lihat daftar isinya yang bisa memberikan inspirasi bagi Anda.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa cara yang Anda lakukan dalam mencai inspirasi ketika menulis konten blog. Originalitas menjadi penting dalam membuat blog agar semakin populer. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamar berkarya!

1 komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.