Apa Itu Otaku ? - Mengenal Otaku Melalui Kacamata Jurnalistik


Masa-masa liburan sekolah seperti saat ini, kebanyakan Pelajar sedang demam Anime. Mungkin banyak orang sudah mengenal Otaku. Seperti tertulis di laman wikipedia, Otaku adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi. Bagi otaku sebuah komik, anime, game dan barang-barang anime lainnya adalah hal yang harus dimiliki dan wajib dibeli.

Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga.

Di Indonesia, terdapat beberapa Komunitas Otaku. 2 yang paling terkenal di google yaitu OTAKU FIELD INDONESIA dan KAORI Nusantara (Komunitas Anime Otaku Rakyat Indonesia). Mereka adalah komunitas penggemar dan pemerhati perkembangan kebudayaan animasi di Indonesia, khususnya keberadaan penggemar anime Jepang dan geliat perkembangan industri anime dan manga di Indonesia.

Menurut salah satu penggemar Anime, M. Sandy Ali Yafie mengungkapkan bahwa Anime yang mencakup Roman, Horror, dan misteri sangatlah menarik. "Anime itu seru dan nggak bikin bosan karena banyak sekali jenisnya dan selalu update," kata siswa SMPN 1 Arsel itu.

Menurutnya, Otaku itu relatif. Sehingga seseorang bisa dianggap Otaku ataupun tidak meskipun penggemar kultur Jepang. "Kalau saya bisa dibilang Otaku karena juga menyukai Anime, tapi bisa dibilang tidak karena menurut referensi yang saya ketahui bahwa Otaku lebih cenderung sendiri atau anti sosial," tutupnya.


(BPC/Afid Brilliana/SMPN-1 Arsel/B-4)

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.