Ngabuburit dengan Hal-Hal yang Bermanfaat


Tak terasa, bulan suci Ramadhan sudah berada di depan mata. Kewajiban berpuasa selama 30 hari menahan diri dari makan, minum, dan segala yang membatalkan puasa.

Sangat disayangkan apabila perjuangan menahan lapar dan dahaga selama sehari penuh menjadi sia-sia karena godaan justru disaat menjelang berbuka. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan guna mengisi waktu agar tidak bosan dan menjemukan atau lebih keren dengan sebutan ngabuburit.

Menurut ketua Fans JKT48 regional Pangkalan Bun, Viny Christiabel menjelaskan bahwa selama ramadhan teman-teman dari Fans JKT48 akan melakukan kegiatan seperti buka puasa bersama, tarawih, dan tadarus bersama. "Kami juga sering berkumpul bersama dan biasanya saling bertukar informasi tentang JKT48 dan keluarga 48 lainnya, seperti AKB48," ujarnya.

Lanjutnya, berbagai kegiatan tersebut akan membantu mengisi waktu luang para anggota selama menunggu waktu berbuka. Sehingga tidak terbuang percuma dengan kegiatan yang tidak jelas seperti pacaran, nongkrong di pinggir jalan, main petasan, dan kebut-kebutan di jalan yang justru menggangu keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Sementara itu, menurut seorang siswi SMAN 1 Pangkalan Bun, Vivi Theria Zulfa mengungkapkan lebih memilih mengisi waktu ngabuburit dengan memperbanyak kegiatan ibadah seperti tadarus bersama teman-teman di masjid agar menambah amal baik dibulan suci. "Bulan ramadhan itu bulan yang baik, sehingga dengan memperbanyak ibadah tentu akan meningkatkan amal baik kita di bulan suci," jelasnya.

Selain berbagai aktivitas diatas, waktu ngabuburit juga dapat diisi dengan membantu orang tua mempersiapkan buka puasa di rumah, menulis hal-hal bermanfaat di blog, ataupun menolong orang-orang yang membutuhkan. Tentunya dengan begitu akan menambah pahala kita menjadi berlipat ganda terutama dibulan yang penuh berkah ini.

(BPC Pangkalan Bun/Afid Brilliana Putra/B-4)

#Brill

10 komentar:

  1. dpt jdi referensi buat ngabuburit ne...
    tankz yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks juga atas kunjungannya.. ^^

      Hapus
    2. assalamualaikum dek,, maaf ya kakak belum bilang klo repost 1 artikel pny adek,,,sudah saya edit kok...judul artikel cara membuat prifacy policy dengan mudah..
      silahkan di cek dek...http://dennyaby321.blogspot.com/
      marhaban ya ramadhan ya dari saya denny aby untuk sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini..

      Hapus
    3. Waalaikumsalam Wr. Wb.
      Terimakasih juga kakak atas kunjungannya. Semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi seluruh pengunjung blog kakak.. ^^ Amiinn

      Hapus
    4. luar biasa. pertemanan yg tulus... sy juga ngucapin demikian buat blogger2 sedunia

      Hapus
    5. iya om rusydi. Bahkan kak Aby ini udah pernah message saya via sms secara langsung.. memang tidak sedang main-main kak aby ini.. ^^

      Hapus
  2. wuiihh blogger fans JKT48,, kalo ramadhan gini personil JKT48 masih gak nutup aurat, bakal batal puasa lelaki yg gak tahan nonton tariannya. semoga personil yg islam di JKT48 setelah ramadhan ini makai hijab secara sempurna... pada gak risih ya diliatin beningnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ramdhan tutup aurat lah sob. Nggak batal juga sih asal pikirannya tidak "negatif"..

      Kalau hijab sempurna mungkin belum bisa, karena member sendiri tidak mungkin mengenakan jilbab saat perform.. ^^

      Hapus
    2. nah ribet juga ya.... yg penting menghibur dah, gitu kata2 artis

      Hapus

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.