Tips Mengatur Tampilan Blog agar Terlihat Menarik


Blog sebagai media berbagi kini tidak luput dari perkembangan zaman dimana Facebook dan Twitter semakin melejit dalam jumlah pengguna. Dalam sebuah blog, kualitas konten atau isi tentu menjadi prioritas. Namun, ada hal lain yang tidak boleh lepas dari perhatian para blogger, yaitu tampilan blog.

Seorang blog master dalam Pelatihan Blog Pelajar yang pernah diselenggarakan Borneonews, Urip menyampaikan bahwa para blogger yang kebanyakan masih pelajar memang lebih mengutamakan tampilan karena akan memberi kenyamanan pada pengunjung blog tersebut asalkan konten menjadi prioritas utama.

Namun, terkadang pengaturan tampilan yang berlebihan justru membuat blog menjadi berat dan jelek. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips-tips yang dapat digunakan dalam mengatur tampilan blog agar tetap menarik dan berkualitas.

1. Hindari penggunaan OPACITY pada seluruh content blog.
Penggunaan opacity pada seluruh tampilan blog termasuk FATAL. Opacity digunakan untuk membuat suatu elemen menjadi transparant,termasuk text gambar dan seluruh isi pada konten itu sendiri bila penggunaanya tidak tepat. Gunakanlah CSS alternatif seperti RGBA color (Red, Green, Blue, Alpha) sehingga tidak membuat seluruh konten menjadi tranparant dan nilai transparant pun dapat diatur.

2. Hindari penggunaan Textshadow yang berlebihan
Penggunaan Text Shadow yang berlebihan justru terkesan norak dan membuat tulisan susah dibaca. Gunakanlah hanya pada judul posting, header, dan judul konten sidebar.

3. Hindari penggunaan Kostum font (cufon)/text yang berlebihan
Disarankan untuk tidak menggunakan lebih dari 2 jenis font dan gunakan hanya pada header, judul posting, judul sidebar maupun footer. Jangan menggunakan cufon pada isi posting karena akan membuat blog menjadi berat.

4. Hindari penggunaan CSS3 animasi yang berlebihan
Penggunaan css3 animasi terkadang menambah beban blog menjadi sangat berat. Contohnya pemasangan efek hover yang pada readmore, header, sidebar, atau konten tertentu. Hal ini tidak dilarang dan tidak apa-apa jika hanya untuk latihan. Namun, untuk tampilan sebaiknya hanya gunakan pada bagian yang perlu saja. Misalnya pada Menu blog.

5. Menggunakan fitur css3 yang dianggap penting
Jangan menambahkan accesories terlalu banyak terutama css3. Menghapus efek-efek css3 yang terlalu banyak pada suatu elemen dan selalu memperhatikan kecepatan blog dengan tampilannya. Kenyamanan adalah prioritas, kalau blog sudah terlanjur berat maka pengunjung akan malas untuk membukanya karena membutuhkan waktu yang lama untuk memuat seluruh konten. Terakhir, tentunya tampilan blog harus mendukung browser yang lazim dipakai publik.

(BPC Pangkalan Bun/Afid Brilliana Putra/B-4) & Sumber

#Brill

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.