Belajar Blog dan Jurnalistik sambil Wisata Agro

IBADAH puasa tidak harus mengganggu meski harus menempuh perjalanan selama kurang kebih 2 jam. Itulah yang dilakukan sekitar 50 peserta kegiatan wisata agro kebun milik PT Citra Borneo Indah (CBI) di Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Selasa (14/8).

Wisata agro ini diselenggarakan Borneonews bekerja sama dengan PT CBI yang merupakan satu rangkaian dengan Pelatihan Blog Pelajar Borneonews 2012 di Hotel Avilla, Senin (13/8). Puluhan peserta yang ikut dalam kegiatan ini terdiri dari siswa SMP dan SMA di Pangkalan Bun. Rombongan bertolak dari Pangkalan Bun menuju Sulung, sekitar pukul 10.00 WIB Selasa (14/8) dan kembali ke Pangkalan Bun, Rabu (15/8). Sesampainya di areal perkebunan sekitar pukul 12.00, mereka langsung diarahkan ke area institute CBI. Walaupun beberapa peserta mengalami mabuk kendaraan dan harus ditangani oleh koordinator PPPK (P3K) dari Borneo Pers Club (BPC), suasana ceria tetap terlihat. Setelah rehat, tepat pukul 13.30, peserta langsung mengikuti materi perkenalan terhadap kebun kelapa sawit yang disampaikan perwakilan PT CBI, Dodi Mulyanto, di ruang kelas Institute CBI.

“Indonesia merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di dunia dengan menghasilkan 44% minyak kelapa sawit dan mengalahkan negara tetangga, yaitu Malaysia. Keunggulan minyak sawit dibanding dengan minyak lainnya yaitu lebih sehat, harga terjangkau, dan ramah lingkungan,” jelas Dodi. Dodi juga mengatakan meskipun perkebunan kelapa sawit bukanlah hutan, ekosistem di sekitar perkebunan mirip dengan hutan. Dengan begitu, lingkungan menjadi rindang, rimbun, dan sejuk. Meskipun dia tidak membantah adanya kekhawatiran sebagian kalangan yang menyebut tanaman ini menyerap banyak air. “Satu pohon kelapa sawit dalam sehari dapat menyerap air sebanyak kurang lebih 9 liter per hari. Tetapi itu juga diimbangi dengan curah air hujan tinggi karena tanaman sawit hanya tumbuh dengan baik di daerah tropis,” terangnya lagi.

Dihadapan para peserta, Dodi juga membeberkan sejumlah kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT CBI yang antara lain meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sarana prasarana. “Untuk bidang edukasi salah satunya adalah program beasiswa, seminar guru, membangun sekolah di kebun. Sedangkan di bidang kesehatan antara lain lewat kegiatan pengobatan dan sunatan massal serta pembangunan klinik di sekitar wilayah perkebunan.”

Selain perkenalan kebun, peserta juga dibekali dengan pelatihan jurnalistik singkat yang disampaikan salah seorang redaktur Borneonews, Dewantara. Dalam paparannya, Dewantara juga mendorong agar para peserta aktif menulis blog dengan tulisan. “Tidak harus tulisan jurnalistik atau berita, tulis tentang apa saja.” ujarnya. Setelah itu, dengan dipandu Oktrika Nugraheni, redaktur sekaligus penanggung jawab BPC, peserta mengakhiri kegiatan dengan buka puasa bersama dan shalat magrib.

(BPC/Wisda-Afid/SMPN 1 Arut Selatan/Oriza M-Hajzah-Revita/SMAN 1 P.Bun/B-5)
Sumber : Media cetak Borneonews

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.