Download Aplikasi Excel Penghitung Gelang Resistor 2 Warna Karya Anak SMP

Saat ini, berbagai kemudahan ditawarkan dalam bentuk kemasan yang menarik dan tentunya berkat kemajuan dan berkembangnya kemampuan komputer yang sudah sangat hebat.

Tahun lalu, Brilliana pernah dimintai tolong oleh Guru Fisika yang juga seorang Pembina Ekskul Elektronika. Beliau meminta Brilliana untuk membuatkan sebuah aplikasi sederhana untuk mempermudah para siswa untuk melakukan penghitungan nilai hambatan suatu resistor menurut teori yang dianggap benar. Bingung, kalut, dan hanya mengiyakan. Akhir pekan pun tiba. Brilliana segera menggarap tugas guru yang bernama Pak Sularno itu. Terlebih dulu membuat design interface tampilannya, lanjut ke logika bagaimana cara menjalankan perintah/input yang dimasukkan oleh user. 

Berkat kemudahan software Microsoft Excel besutan Microsoft Inc, Brilliana pun menggunakan rumus-rumus yang sudah tercantum dalam paket excel untuk mengembangkan aplikasi sederhana ini. Inti dasar rumusnya hanya "Vlookup". Yaitu saat user memasukkan warna gelang resistor itu, maka excel akan menjalankan rumus lookup pada tabel yang sudah di tentukan untuk mencari data.

Sementara sisanya hanya menggunakan rumus-rumus dasar, seperti Kali Bagi Tambah Kurang untuk menghasilkan hasil akhir yang mudah diterima. Tentunya sangat mudah digunakan dan support hampir di semua komputer yang berbasis sistem Windows. Terimakasih tak lupa Brilliana tujukan pada guru TIK yang sudah banyak memberikan curahan idenya meski tidak secara langsung sehingga aplikasi ini tidak menampilkan hal yang dianggap tidak perlu, seperti error N/A maupun ###.

Cukup masukkan warna gelang resistor sobat di kotak yang berwarna abu-abu karena hanya kotak itu yang bisa di isi. Selebihnya sudah diprotect sehingga tidak bisa diedit.. Data akan muncul jika semua warna sudah dimasukkan dengan benar. Gunakan Tabel Kode Warna untuk mencocokan warna gelangmu dengan standar warna di aplikasi.

Silahkan menggunakan, aplikasi ini support untuk excel 2007 keatas. Ingatlah untuk menghargai sang pembuat dan jangan mengambil keuntungan dari kebaikan hati seseorang. Dibawah ini adalah screenshotnya! Silahkan dilihat. Jangan lupa kritik dan sarannya untuk kesempurnaan di versi-versi selanjutnya.. ^^


Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.