Galakkan Hemat Listrik bersama dengan Tridinamika - Measurement Service & Instrument Energy Saving

Akhir-akhir ini sering sekali terjadi pemadaman bergilir. Ntah itu dikarenakan faktor alam ataupun disengaja. Banyak sekali alasan yang timbul ketika terjadi pemadaman. Mulai dari korsleting arus listrik hingga monyet yang tersangkut di kabel jaringan listrik. Sebagai konsumen yang sudah rela membayar tentu tak ingin hal seperti pemadaman bergilir terus terjadi. Semua pihak harus berbenah diri terutama pada orang-orang yang berurusan dibidang kelistrikan.

Namun, sangat sulit untuk menyalahkan pihak mana yang harus bertanggung jawab. Oleh karena itu, alangkah baiknya konsumen mulai berbenah dari lingkungan sekitarnya. Terutama masalah listrik dirumahnya. Tidak heran banyak pihak terutama rumahan yang ingin menghemat beban penggunaan listriknya yang justru salah kaprah. Alhasil berbagai usaha bahkan yang tidak dibenarkan pun justru dilakukan.

Contohnya seperti pemasangan alat penghemat listrik atau yang lebih populer disebut World Energy Saving. Lalu, apakah benar alat ini bekerja sesuai dengan tujuannya yaitu bisa menghemat listrik yang berimbas pada pengurangan tagihan?

Setelah dibongkar, ternyata alat “penghemat daya” tersebut hanya berisi kapasitor saja. Artinya ia hanya bekerja layaknya kapasitor bank. Jadi alat ini bukan untuk menghemat tagihan listrik, tapi untuk memaksimalkan daya listrik yang sudah kita beli. Bahkan, pemasangan kapasitor yang tidak terkontrol sesuai beban dapat menyebabkan beban kapasitif. Beban kapasitif ini menyebabkan kenaikkan tegangan yg berlebih sehingga bisa saja peralatan elektronik rusak dan ada peristiwa yang lebih berbahaya yaitu terjadinya kebakaran karena seolah-olah terjadi “hubung singkat” atau “kosleting” dimana terjadi resonansi akibat pemasangan kapasitor yang tidak sesuai dengan beban atau tak terkontrol. Jadi benarkah alat penghemat listrik itu?

Bagi kita yang memiliki masalah pengukuran listrik dan bingung harus menghubungi siapa, sumber daya manusia yang kurang atau alat ukur yang anda miliki tak sesuai dengan standard yang diharuskan? Sebaiknya dalam hal ini kita dapat mengandalkan TRIDINAMIKA selaku Jasa Pengukuran yang diakui dan Pemasok Instrumen Ukur di Indonesia.


Tridinamika Measuring Services adalah layanan inspeksi kelas satu dari tridinamika yang dapat kita gunakan untuk menganalisa berbagai masalah listrik dan energi. Didukung oleh excellence engineer yang berpengalaman, Tridinamika Measuring Services akan memberikan solusi atas beragam penyakit listrik yang kita hadapi. Melalui Tridinamika Measuring Services kita tak perlu pusing dengan rumitnya pengolahan data pengukuran. Lupakan kewajiban kalibrasi alat ukur yang membebani. Serahkan semua masalah itu kepada ahlinya, Tridinamika Measuring Services.

Manfaat Teknis
  1. Membantu pengguna dalam melakukan pencegahan penyebaran polusi jaringan listrik.
  2. Pengguna dapat secepatnya menentukan penyebab terjadinya kerusakan, apakah dari kualitas powerline ataukah dari gejala mekanis
  3. Pengguna dapat secepat mungkin menentukan solusi yang paling tepat untuk menanggulangi permasalahan powerline quality
  4. Membantu pengguna dalam melakukan managemen pembebanan
  5. Penambahan lifetime dan reliabilitas peralatan yang berbasis komputer Manfaat Non Teknis
  6. Penurunan kualitas produksi yang berlebih dapat dihindari
  7. Penghematan biaya maintenance mesin-mesin produksi hingga ratusan juta rupiah tiap tahunnya.
  8. Penghematan Energi atau Energy Saving yang signifikan
  9. Langkah awal dalam tahapan audit energi telah terpenuhi
Untuk memperoleh manfaat-manfaat seperti di atas, kita dapat memilih beberapa layanan seperti Power Investigation yang memuat Thermal Check, PQ Check, dan PQ Audit. Sementara Human Safety Environtment Clinic (HSE Clinic) adalah layanan pengukuran yang berhubungan dengan environtmental safety dengan menerapkan berbagai aturan international sebagai ambang batasnya. Layanan ini meliputi Electromagnetic Field dan Indoor Air Quality.

Manfaat yang dapat kita peroleh dari layanan Safety Environtment adalah :
  1. Berkurangnya resiko bahaya kanker pada pekerja diarea-area yang beresiko.
  2. Kita memiliki dasar yang kuat untuk menentukan regulasi Human Safety & Environtment di lingkungan kerja anda.
  3. Terciptanya kenyamanan lingungan.
  4. Produktifitas kerja yang baik dapat terus dipertahankan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Salah satu langkah guna memperoleh sertifikasi ISO 14001 telah anda penuhi.
Nah, sebenarnya kita tidak perlu memasang alat penghemat listrik asalkan perilaku konsumtif listrik dapat dikurangi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hemat energi dan hemat listrik bahkan dari hal yang paling kecil. Antara lain :
  1. Gunakan lampu hemat energi, seperti lampu LED untuk memberikan pencahayaan baik di dalam maupun di luar rumah.
  2. Utamakan memilih alat-alat elektronik yang menggunakan teknologi hemat energi atau energy saving.
  3. Gunakan alat-alat elektronik seperlunya, matikan ketika tidak digunakan dan cabut kabelnya jika tidak akan digunakan dalam waktu lama.
  4. Jika menggunakan pompa air, gunakan tangki air dan atur jadwal menyalakan pompa air secara teratur.
  5. Buat sistem sirkulasi udara yang baik di rumah, serta tanam tumbuh-tumbuhan disekitar rumah, ini akan menekan suhu udara sehingga tidak perlu menggunakan AC.
  6. Jika menggunakan AC, pakailah AC berteknologi inverter dan atur suhu AC anda seperlunya. Suhu AC yang lebih dingin membutuhkan energi listrik yang lebih banyak.
  7. Buat sistem penerangan yang baik di rumah sehingga bisa mengurangi penggunaan lampu di siang hari.
  8. Buat jadwal mencuci dalam satu minggu, dan gunakan mesin cuci sesuai kapasitas, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Gunakan pengering bila hanya benar-benar perlu.
  9. Buat jadwal menyetrika seminggu sekali, karena memerlukan daya listrik yang cukup besar untuk memanaskan setrika.
  10. Bersihkan kulkas secara rutin agar kinerja kulkas tetap optimal. Isi secukupnya, jangan dibuka tutup terlalu sering dan tutup dengan rapat.
  11. Rawat instalasi listrik di rumah anda dan gunakan alat-alat ukur yang sesuai untuk mengecek.
  12. Cenderung gunakan laptop dibandingkan desktop, apabila harus menggunakan desktop gunakanlah layar LCD. laptop dan layar LCD lebih hemat listrik.

Poin ke-12 sangat dianjurkan terutama pada kalangan blogger ataupun pekerja online seperti Brilliana. Setiap harinya, ada 1 desktop dan 3 laptop yang menyala guna memenuhi pekerjaan online. Hal ini tentu memerlukan daya listrik yang tidak sedikit. So, melakukan sedikit kegiatan Hemat Listrik tentu akan sangat berpengaruh. Seperti kata pepatah, "Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit."

Pada bagian ini, PT Tridinamika Jaya Instrument (TJI) menawarkan berbagai produk yang sangat berguna dalam pengukuran. Seperti brand ternama Fluke Corporation yang saat ini telah menjadi perusahaan global yang beroperasi di seluruh dunia. Merancang, mengembangkan, memproduksi, dan menjual alat ukur elektronik dan instrumen pengukuran untuk lembaga ilmiah, layanan, pendidikan, industri, dan aplikasi pemerintahan.


Produk mereka seperti Clamp Meters, Digital Multimeter, Electrical Test Tools, HVAC or IAQ Tools, Power Quality Tools, hingga Prosses Calibration Tools yang semuanya diproduksi oleh FLUKE merupakan merek terkenal dipasaran yang dijamin mutu dan kualitasnya.

Selain FLUKE, masih ada brand ternama yang dapat dijadikan pilihan dalam kegiatan pengukuran, yaitu Agilent Technologies. Berbagai roduk Agilent Technologies tidak kalah bersaing dalam variasi antara kompetitornya. Sebut saja Oscilloscope, Handheld Oscilloscopes, Analyzers, Meters, LCr meters & Impedance Measurement, Noise Figure Analyzer & Noise Source, Digital Multimeter, dan Power Meter, Power Sensor.


Semuanya diproduksi oleh Agilent Technologies, sebuah perusahaan dengan 47 ribu karyawan yang memproduksi pembuatan instrumen ilmiah, semikonduktor, perangkat jaringan optik, dan alat uji elektronik untuk telekomunikasi nirkabel di seluruh dunia. Agilent Technologies sangat disarankan terlebih bersama Fluke akan semakin meningkatkan kuliatas kegiatan pengukuran di bidang kelistrikan. Dapat kita manfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar dala dunia pendidikan, Laboratorium IPA di Sekolah, hingga pemenuhan alat Elektronika pada kegiatan pengembangan diri siswa.


Daripada kita bingung memilih alat-alat mana saja yang dapat kita gunakan dalam proses pengukuran. Alangkah lebih baik jika kita memilih Jasa Pengukuran Tridinamika dari PT Tridinamika Jaya Instrument sebagai mitra kerja dan bisnis urusan kelistrikan. Sebagai center of instrument, PT Tridinamika Jaya Instrument telah memiliki pengalaman baik instalasi maupun training pengukuran power quality ke berbagai wilayah Industri di Indonesia. Tridinamika telah dipercaya untuk mengajarkan cara pengukuran power quality di lebih dari 100 industri dan kontraktor listrik.
  • Tim didukung oleh ratusan peralatan mutakhir dan canggih yang sanggup menganalisa semua problem kelistrikan.
  • Tim memiliki pengalaman pengukuran bukan hanya di lokasi CAT I-CAT IV, namun di area pembangkit listrik seperti PLTU.
  • Tim berpengalaman dalam setting alat ukur yang tepat sehingga dapat meminimalisir kesalahan pengukuran.
  • Tim didukung oleh engineer-engineer yang berpengalaman dalam analisa berbagai data pengukuran.
  • Semua hasil pengukuran disampaikan dengan professional report baik dalam print out maupun CD. 
Jadi, jangan ragukan Tridinamika dalam urusan pengukuran. Sudah mulai berminat untuk menghubungi mereka? Agilent Technologies dan Fluke kini sudah menjadi senjata utama. Jangan ragu untuk melakukan gerakan Hemat Listri dan Hemat Energi bersama Jasa Pengukuran Tridinamika.

PT. TRIDINAMIKA JAYA INSTRUMENT
Jalan Boulevard Raya Blok BA3 No.15 Gading Serpong
Tangerang 15810, Jakarta, Indonesia
Phone : 62-21-546 7617, 5467618, 5421 2399, 5421 2402
Fax : 62-21-546 7617
Email : tridi@tridinamika.com

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi dari aktivitas pengukuran yang dilakukan oleh TIM dari PT Tridinamika Jaya Instrument. "Kepercayaan Anda Menjadi Prioritas Kami".





#Brill

19 komentar:

  1. Ikutan Koment, walaupun belum baca.. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibaca dulu ya!.. Ehh, blog mu itu linknya apa?? kok aku nggak nemu sih.. -__-

      Hapus
    2. kan kamu pake akun google pas comment, nah kalau kamu punya blog pasti nongol di profil kamu.. -__-

      Hapus
    3. Hoho,, ga saya Share di G+, ya udah saya koment pakai aku blog

      Hapus
  2. kalo ane sih pake yg kapasitor -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kan, semua alat penghemat listrik yang berkedok "mengurangi tagihan listrik" sebenarnya hanya berupa kapasitor yang berfungsing memaksimalkan penggunaan daya. Kan pak sularno udah pernah ngajarin pas ekskul elektronika.. Ada kapasitor keramik, dsb, dll, dkk, dst.. ^^

      Hapus
  3. Balasan
    1. Setuju banget nih, thanks dulu dong buat Tridinamika yang udah bantu kita sebagai konsumen untuk menghemat penggunaan listrik di rumah .. ^^

      Hapus
  4. Coment, "pedaman"nya sudag diganti menjadi pemadaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh, iya nih.. Lagi keseleo pas nulisnya... hahahaha xD~

      Hapus
  5. Balasan
    1. Jempolnya dong buat Tridinamika yang sudah menyediakan alat ukur dan instrumen yang unik dan tentunya paling berkelas dalam mengatasi permasalahan listrik di rumah kita. Hemat listrik dan Hemat energi bersama Tridinamika .. ^^

      Hapus
  6. mantab dah... semoga sukses tapi yang di FB gak bisa di like...???? gmn coba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bantuk like bisa dibaca di artikel ini bapak.. http://brilliantaplex.blogspot.com/2013/08/brilliana-blogzs-butuh-bantuan-like-dan.html

      Hapus

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.