[ATURAN BARU] Handsduk Putri Mengikuti Handsduk Putra


Terhitung sejak tahun pelajaran 2013/2014, SMP Negeri 1 Arut Selatan mulai memberlakukan kebijakan wajib berpakaian pramuka dengan mengenakan handsduk/setangan leher atau yang lebih akrab disebut kacu setiap hari sabtu.

Berdasarkan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 174 Tahun 2012 disebutkan bahwa handsduk putri mengikuti bentuk handsduk putra. Sementara, model seragam pramuka putri masih menyesuaikan yang lama dan akan diadakan sosialisasi mulai tahun depan tentang kebijakan seragam pramuka putri yang baru. Hal ini disampaikan melalui akun facebook resmi SMPN 1 Arsel, Spansa Arsel yang bertautan di facebook.com/spansa.arsel pada 4 juli lalu.

Saat diwawancarai oleh rekan Borneonews, seorang siswa SMPN 1 Arsel, Dwi Setyo Aji mengungkapkan bahwa mengenakan kacu melambangkan sikap patriotisme dan menjunjung tinggi nilai moral pancasila. "Selain itu, sudah seharusnya seragam Pramuka dilengkapi dengan kacu karena sudah merupakan satu paket," ujarnya.

Lanjutnya, meskipun sedikit ribet dan panas namun hal itu tidak menjadi kendala selama masih ditanamkannya motivasi bahwa kacu juga melambangkan rasa kebanggan pada tanah air karena mengandung unsur merah dan putih.


Hal senada juga diungkapkan oleh siswa kelas IX A, M. Sandy Ali Yafie yang menyatakan bahwa anak muda jaman sekarang terlalu manja. "Kok gara-gara disuruh pakai kacu saja sudah protes. Dulu para pejuang yang mempertahankan negara dengan taruhan nyawa saja tidak protes," serunya dengan semangat.

Dihubungi via telepon, Pelatih Pramuka SMPN 1 Arsel, Mukti Arief mengaku bahwa di Kobar aturan ini baru dilaksanakan di SMPN 1 Arsel. "Pada umumnya, sekolah diluar kobar terutama di pulau Jawa sudah sejak lama menerapkan aturan tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, pemberlakuan aturan baru ini merupakan kebijakan sekolah dan sudah masuk dalam tata tertib SMPN 1 Arsel. Diharapkan kedepannya dapat meningkatkan jiwa kepramukaan siswa dalam lingkup dunia pendidikan.

(BPC Pangkalan Bun/Afid Brilliana Putra/B-4)

#Brill

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.