Trend Kaftan dan Gamis di Hari Lebaran


Tren Kaftan yang dipopulerkan oleh Syahrini di Indonesia sebenarnya telah lama hadir. Namun baru setelah selebriti yang menggunakan pakaian ini, kaftan mulai ramai peminat dan masuk dalam pilihan berbusana jelang lebaran.

Asal usul kaftan adalah dari kerajaan Persia kuno. Baju semacam tunik ini kemudian menyebar ke beberapa wilayah seiring dengan perkembangan wilayah kerajaan Persia. Hingga kini ada beberapa varian kaftan seperti kaftan maroko, kaftan turki, kaftan afrika barat, hingga kaftan rusia. Di Indonesia sendiri, kaftan sudah melebur ke dalam kebudayaan Indonesia sehingga memunculkan kaftan dengan bahan batik. Unik kan?

Menurut salah satu penjaga Toko Pakaian Nisa Toys, Indah mengungkapkan bahwa menjelang lebaran permintaan konsumen terhadap Gamis maupun Kaftan meningkat. "Kebanyakan ibu-ibu yang membeli. Namun, untuk remaja juga ada walaupun tidak banyak," tuturnya.

Kaftan adalah baju muslimah yang lebar dan terkesan seperti jubah dengan hiasan renda atau border di bagian lehernya. Biasanya pada bagian tangan melebar dan menyaru langsung dengan bagian tubuh tanpa jahitan (seperti kelelawar). Busana muslim asal Iran ini terkesan mewah dan glamor sehingga sangat cocok dikenakan untuk berbagai acara resmi seperti pernikahan, pengajian, pertemuan keluarga, idul fitri, dan lain sebagainya. Karena bentuknya yang tidak simpel, maka kaftan ini tidak terlalu cocok dipakai sebagai busana kerja atau busana santai. Kaftan biasa dipadukan dengan hijab atau kerudung dari selendang.

Gamis jika dilihat sekilas hampir mirip dengan kaftan. Namun perbedaan mendasar dari baju muslim ini adalah bentuknya yang tidak terlalu lebar. Gamis biasanya memiliki hiasan di tangan atau bagian bawah. Jika kaftan biasanya berbahan jatuh seperti Satin, Hicon, atau Siffon, Gamis biasanya berbahan katun, spandek atau kaos.

Ia menjelaskan bahwa harga gamis maupun kaftan berkisar 300 sampai 350 ribu. Bahkan ada yang mencapai 2 juta yang tentunya disesuaikan dengan dompet pembeli. Model atau motif yang selalu diperbarui membuat konsumen tidak perlu bingung memilih. "Sebagian besar menyukai Kaftan yang mempunyai banyak mata, warna yang cerah, dan berbahan dasar lembut serta halus. Orang bilangnya bahan korea," terangnya.

Gamis lebih formal dibandingkan dengan kaftan. Ia cocok digunakan untuk bermain, tapi juga cocok untuk acara pesta. Sementara itu, menurut salah satu siswi SMPN 7 Arut Selatan, Ratu Mutiara Wali mengaku lebih memilih gamis ketimbang kaftan. "Gamis itu lebih simpel. Aku sendiri nggak suka yang ribet-ribet dan untuk warna nggak terlalu cerah atau biasa saja," jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa model kaftan yang seperti kelelawar dan tampak kebesaran tidak mengena untuk anak muda. Sementara gamis yang memiliki bentuk terusan kebawah dinilai lebih cocok dalam hal gaya.

Berikut ini adalah tips dalam memilih model pakaian agar tidak salah gaya pada saat lebaran nanti.

1. Tentukan Pilihan Pakaian Anda
Gamis atau kaftan sama saja. Namun, bentuk yang berbeda disesuaikan dengan layak tidaknya anda pakai.

2. Pilih Warna yang Pas
Warna yang natural akan memberi kesan tidak norak. Namun jika tetap memilih warna yang mencolok, warna emas dan ungu bisa menjadi pilihan.

3. Motif tergantung Selera
Ibu-ibu cenderung menyukai motif banyak mata. Sedangkan anak muda cenderung simpel dan tidak terkesan glamour.

4. Sesuaikan dengan Dompet
Usahakan agar tidak memaksakan diri dalam membeli gamis atau kaftan. Isi dompet dan prioritas menjadi bahan pertimbangan dalam membeli.

(BPC Pangkalan Bun/Afid Brilliana Putra/B-4)

#Brill

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.