Fitur 'https' di Blogger


Saya sudah cukup lama tidak membuka blogger. Baru 2 hari lalu membuka, saya menemukan pemberitahuan di beranda blogger saya. Ternyata, blogger memberikan fasilitas https gratis kepada penggunanya. Dulu saya sempat ingin memiliki fitur ini, namun harus membayar sekitar 100 ribu kepada penyedia domain.

Domain afidbrilliana.com sendiri dihost oleh idwebhost.com. Disini disediakan fitur upgrading SSL dengan harga yang bervariasi. Mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentunya disesuaikan dengan fitur keamanan yang disediakan oleh vendornya. Informasi lebih lanjut bisa klik disini.

Beruntung sekali saya memilih bersabar, karena akhirnya blogger memberikan fitur SSL cuma-cuma kepada penggunanya. Selain untuk keren-kerenan, fitur ini juga berfungsi untuk menjaga keamanan situs yang kita miliki. Kurang lebih begitu.
Menurut situs dewaweb, SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.
Bagi pengguna blogger, cukup aktifkan fitur baru ini melalui panel sisi kiri pada menu setting/pengaturan. Dibawah pengaturan nama domain, silakan cek ketersediaan fiturnya. Permintaan kita akan ditinjau oleh blogger kurang lebih 15 menit. Setelah aktif, kita bebas untuk mengaktifkan fitur pengalihan. Jika kita mengaktifkan fitur ini, maka semua url akan diarahkan ke url yang sudah ada httpsnya. Kalau fitur ini dimatikan, maka kita akan tetap bisa menyaksikan tampilan situs tanpa fitur ssl.


Apabila masih mengalami kesulitan, cobalah membaca panduan yang disediakan oleh google help di sini. Sedikit informasi, ternyata fitur ini sudah mulai digulirkan blogger sejak 2016 (Google Online Security, https://security.googleblog.com/2016/05/bringing-https-to-all-blogspot-domain.html). Namun, nampaknya akun saya saja baru menerima notfikasinya beberapa hari yang lalu.

Tidak ada komentar:

Berilah komentar yang bijaksana tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Diberdayakan oleh Blogger.